Thursday, May 16, 2019

Penerapan switching menggunakan software pocket tracer

Pengertian Packet Tracker

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Fungsi :

fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan diterapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi ini bisa berbayar mahal. makanya cisco membuat aplikasi seperti ini agar orang bisa belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

kegunaan :

Aplikasi ini biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan sebagai pengganti Cisco routers dan switches. Packet Tracer memungkinkan siswa untuk merancang kompleks dan besar jaringan, yang sering tidak layak dengan hardware fisik, di karenakan biaya. Packet Tracer biasanya digunakan oleh siswa CCNA Academy, karena tersedia untuk mereka secara gratis. 

saya di sini akan menjelaskan cara tentang menggunakan pocket tracer untung switching , berikut tutorialnya : 

1. Sebelumnya kita menginstal cisco packet terlebih dahulu dan Buka aplikasi Cisco Packet Tracer yang sudah terinstal di PC/Laptop anda. Sehingga muncul jendela seperti di bawah ini:



2. Selanjutnya kita klik end Device pilih PC



3.kita klik network Device ke switch



4. Dan hasilnya adalah :



5.kita klik connection ke Console buat menghubungkannya 


6. .double klik PC pilih RS 232 :

7. Double klik switch pilih Console :

8. Kita hubungkan dari PC ke Switch


9. Setelah terhubung antara PC ke Switch ,selanjutnya klik CLI 


10. setelah klik CLI , ada tampilan pertama setelah membuka CLI pada Switch :

11. ini sesudah hasil coding nya :

" Disinih Saya Akan Menjelaskan Codingan Dari Si Switches Tersebut".

1.Perintah Dasar Cisco:
- Swicth->Enable, Perintah Yang Digunakan Untuk Berpindah Dari User Ke Privilages Menggunakan "Enable"

- Switch->#Configure Terminal, Perintah Yang Digunakan Untuk Mengkonfigurasi Secara Umum Menggunakan "CONFIGURE TERMINAL"

2. Konfigurasi Perangkat
- Switch->#hostname azmisari, Hostname. Nama host atau Hostnameadalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.

3. Konfigurasi Dasar Perangkat
- azmisari(config)#enable secret cisco
- azmisari(config)#line console 0
- azmisari(config)#password c1$c0
-azmisari(config)#login
-azmisari(config)#exit
-azmisari(config)#line vyt 0 4
-azmisari(config)#password c1$c0
-azmisari(config)#login
-azmisari(config)#exit
*Supaya Bisa Mengamankan Password Dengan Lebih Ketat Dan Mudah.
* Menghindarkan Pengunaan Password Berulang-Ulang.
* Menggunakan Karakter Password Yang Kuat.

- azmisari(config)#banner motd "Selamat Datang"


fungsi bannner itu sendiri adalah sebagai identitas deskripsi dari sistem device cisco. Selain itu banner sendiri bisa menjadi sebagai pengaman yang akan mengecoh para pembobol jaringan walaupun pengecohan tersebut hanya meningkatkan 5-20% tingkat keamanan.

-azmisari(config)#interface vlan 1
fungsi interfaceInterface, antarmuka. Penghubung antara dua sistem atau alat. ... Sedangkan dalam terminologi perangkat keras,interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.

- azmisari(config)#ip address 192.168.10.1 255.255.255.0
Fungsi IP Address adalah sebagai alat identifikasi Host atau antar muka, alamat lokasi pada jaringan komputer yang bersifat unik untuk tiap-tiap komputer dan digunakan juga pada jaringan internet.

No comments:

Post a Comment

HIJACKING

MAKALAH ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI HIJACKING LAPORAN TUGAS KELOMPOK Diajukan untuk memenuhi nilai tugas...